Menu

Mode Gelap

News · 29 Mei 2023 20:05 WIB ·

Dinas Pendidikan Blitar Minta TNI Polri Terlibat Ajak Anak Putus Sekolah Untuk Melanjutkan Kembali Pendidikan


 Anak Sekolah, Foto : iimrohimah.com Perbesar

Anak Sekolah, Foto : iimrohimah.com

Blitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar meminta pelibatan TNI Polri dalam upaya mengajak anak putus sekolah kembali melanjutkan pendidikan

Wiji Asrori, Kepala Bidang Pendidikan TK dan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar meminta Bappeda  memfasilitasi pelibatan TNI dan Polri dalam upaya mengajak anak putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikan.

Dinas Pendidikan membutuhkan peran TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk penghimpunan data anak sebab tugasnya bisa menjangkau RT dan RW di setiap desa binaan.

Wiji menjelaskan, pengentasan anak putus sekolah memerlukan campur tangan dari berbagai pihak. Data anak putus sekolah yang telah dimiliki TNI dan Polri nantinya akan dihimpun untuk difasilitasi pendidikannya melalui PKBM yang dimiliki Dinas Pendidikan di setiap Kecamatan.

Selain TNI dan Polri, upaya pengentasan anak putus sekolah juga melibatkan berbagai instansi lain di lingkup Pemkab Blitar. Kabarnya Bappeda telah menyetujui permintaan Dinas Pendidikan dan tinggal menunggu jadwal pertemuan.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan, ada lebih dari 2 ribu anak usia pelajar memilih putus sekolah. Dari jumlah itu 700 lebih mau melanjutkan pendidikan di PKBM sedang 1.300 sisanya memilih bekerja ketimbang melanjutkan pendidikan.

Adapun faktor yang mempengaruhi munculnya angka putus sekolah ialah latar belakang orang tua yang bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia serta di lingkungan tambang pasir dimana anak mampu menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan sehingga enggan bersekolah. (April/Rio)

Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Puluhan Botol Miras Disita Petugas Gabungan Di Warkop Sekitar Ngujang 2

6 April 2024 - 18:34 WIB

KNPI dan Sejumlah OKP Dukung Calon Bupati-Wakil Bupati yang Merangkul Semua Golongan

31 Maret 2024 - 20:55 WIB

2.229 Warga Kabupaten Blitar Terjangkit Gangguan Jiwa, Kecamatan Nglegok Paling Terdampak

25 Maret 2024 - 12:11 WIB

Sah! Pemkab Tulungagung Terima Hibah Aset Sitaan Dari KPK.

7 Maret 2024 - 23:16 WIB

Target PTSL 2024 Meningkat Dua Kali Lipat, 2025 Sertifikasi Tanah di Tulungagung Belum 100 Persen

7 Februari 2024 - 14:22 WIB

Kantor Imigrasi Blitar Laksanakan Operasi Jagratara Di Tulungagung, Nihil WNA Bermasalah

30 Desember 2023 - 21:21 WIB

Trending di News